Minggu, 13 April 2014

Ridho Allah tergantung Ridha Orang tua

Senang, sedih, marah, kesal, kangen, perhatian, cerewet, cuek, banyak kesan saat menghadapi orang tua. Saat orang tua membentak karena ada kesalahan menurut beliau, maka akan segera di susul dengan kalimat "Ibu/Bapak marah karena sayang sama kamu nak". Saat ada kesalahan dari anak maka orang tua ada kecenderungan mengulang - ngulang kesalahan anak dan tidak mengenal waktu, entah saat ada orang lain ataupun hanya anggota keluarga saja, respon anak kemungkinan besar akan kesal karena di ulang - ulang kesalahan yang telah lalu. Akan tetapi jika anak melakukan kesalahan dan orang tua hanya diam saja, maka sang anak kemungkinan berfikir "kok diem aja, aku ga diperhatiin yak"

Ada beberapa sikap dan perilaku orang tua yang terkadang bagi anak itu di luar harapan, tapi banyak juga yang sesuai dengan harapan. Berbicara tentang orang tua sesungguhnya Rasulullah SAW telah bersabda dari hadits yang diriwayatkan oleh At-Thabrani dan di shahihkan oleh Al - Hafidz As - Suyuti  :
" Ridha Rabb terletak pada ridha kedua orang tua dan murka Nya terletak kepada kemurkaan keduanya "

Menjaga hati orang tua itu memang susah susah gampang, akan tetapi saat menghadapi orang tua mari kita membayangkan ridha Allah nya bukan berfokus kepada apa yang kita rasakan, bukan kah dalam hidup ini yang kita butuhkan adalah ridha Allah ? dalam pekerjaan, mencari pasangan, dalam hidup bermasyarakat semua nya yang di tuju adalah ridha Allah, kalau memang ridho orang tua menjadi jalan untuk mandapatkan ridho Allah, mari kita berjuang untuk mendapatkan itu.

Imam Al - Ghazali menyebutkan sejumlah hal perihal adab anak terhadap orang tua: mendengarkan perkataannya, mentaati perintahnya, tidak berjalan didepannya, tidak meninggikan suara dihadapannya, serta berusaha untuk mendapatkan keridhaannya.

Mudah - mudahan kita termasuk kepada golongan yang mampu mendapatkan ridha orang tua, hingga Allah meridhai kita, aaamiiin insya Allah...

Wallahu'alam bish Shawab...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar