Minggu, 23 Maret 2014

Sepakbola...

Beberapa jam yang lalu berakhir sudah pertandingan sepakbola liga spanyol antara Real Madrid vs Barcelona, dimenangkan oleh Barcelona dengan skor 4 - 3. El - Clasico (sebutan jika Real Madrid vs Barcelona) memang selalu menyajikan pertandingan yang menghibur bagi para fans nya, terlepas pada akhirnya siapa yang menang. Apalagi dari dua klub ini ada dua pemain terbaik dunia, di Real Madrid ada Christiano Ronaldo dan di Barca (sebutan untuk Barcelona) ada Lionel Messi, yang masing - masing di klub nya saat ini menjadi pencetak gol terbanyak.
Apa yang menarik di pertandingan sepakbola sebenarnya? sampai hampir setiap negara menayangkan acara sepakbola, apalagi beberapa bulan ke depan ada pagelaran Piala Dunia di Brazil. Ada bebarapa hal yang bisa kita cermati dengan seksama:
1. Dalam sepakbola kita bisa belajar akan arti kerjasama tim, disana masing - masing mempunyai peran yang krusial dan tim yang baik adalah di saat para pemain nya berada di posisi yang tepat dengan Job Des yang tepat juga sesuai dengan arahan pelatih, jika keluar dari skenario maka kekacauan lah yang terjadi. Bayangkan jika seorang kiper di tengah - tengah pertandingan tiba - tiba ingin maju menjadi striker?? pasti kacau suasana pertandingan.

2. Masing - masing individu mempunyai peran yang sama penting nya, sehingga ada umpan pendek dan umpan panjang agar bola bisa mencapai tujuan yaitu gawang lawan, ego tiap individu di uji disini, jika ada yang merasa paling penting maka kerjasama tidak akan terjadi.

3. Gol merupakan kemenangan tim bukan kemenangan individu, saat gol terjadi maka seluruh pemain dan official merayakan kemenangan dengan berteriak, memeluk, tersenyum, mengepalkan tangan, bahkan timnas U - 19 melakukan selebrasi dengan sujud syukur. Hidup menjadi indah saat kita mampu dan berani untuk sukses jama'ah bukan individu, saat berjama'ah ada keindahan kebersamaan yang bisa di dapatkan, ada rasa rindu untuk bisa berjuang bersama demi satu tujuan. Jika bola itu di ibaratkan amanah yang berujung pahala, maka keberanian untuk membagikan pahala bagi sahabat itu adalah hal terindah yang akan di catat oleh malaikat Raqib pencatat amal baik yang selalu ada di setiap detik hembusan nafas kita.

(bersambung......)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar